.: SELAMAT DATANG DI BLOG EKONOMI ISLAM SUBSTANTIF -- Blog dengan konten riset ekonomi dan keuangan syariah terdepan. :.

Senin, 19 September 2016

XY Plot Untuk Penentuan Variabel Input Output yang Tepat dalam DEA



Window X-Y plot tersedia di dalam frontier analisis. Bagian ini membantu peneliti untuk menentukan variabel yang harus dimasukkan dalam analisis. Jika satu atau lebih variabel memiliki hubungan korelasi positif dengan variabel lainnya, maka kita memungkinkan untuk mengeluarkan salah satu variabel dari analisis tersebut (hubungan korelasi positif mengindikasikan bahwa variabel tersebut merepresentatifkan gejala yang sama). 

Pengeluaran suatu variabel akan mendapatkan keuntungan pengurangan jumlah variabel yang digunakan, memastikan diskriminisasi yang lebih baik diantara unit yang akan dianalisis. Ada “rule of thumb” dalam DEA dimana (jumlah output * jumlah input) = jumlah unit efisien secara potensial. 

Korelasi antara dua variabel ini ditunjukkan di sisi pojok kanan atas window X-Y plot. Jika dua variabel berkorelasi tinggi, hal ini merepresentasikan basic data yang sama. Jika peneliti dapat menghilangkan satu variabel, hal itu akan meningkatkan diskriminasi dalam analisis. 

Untuk contoh proyek di atas, dua variabel perpustakaan dan penelitian, jelas memiliki korelasi yang tinggi dan sebagaimana hasilnya, satu dari variabel ini harus dihilangkan dari analisis. Ini bisa dicapai dengan membuat satu variabel tidak aktif secara temporer dan kemudian mengolah kembali analisis tersebut untuk menaksir pengaruh tindakan ini tanpa skor efisien. 

Korelasi yang mendekati 0, menandakan bahwa terjadi peningkatan nilai dari salah satu variabel yang tidak mempengaruhi variabel lainnya. Korelasi negatif juga terjadi antara dua variabel dan ini mengindikasikan nilai yang tinggi dari salah satu faktor yang dihubungkan dengan nilai yang rendah dari faktor lainnya.

Kotak ceklis ke arah kanan variabel sumbu Y yang ditunjukkan memungkinkan peneliti untuk menandakan point pada plot X-Y untuk menentukan posisi unit. Bagaimanapun, dengan tanda (label) memungkinkan Anda menemukan tampilan menjadi padat dengan nama-nama unit.

Kesimpulannya, XY Plot Window ini sangat bemanfaat untuk melihat variabel input dan output mana yang tepat dan menjadi variabel yang akan diolah dalam metode Data Envelopment Analysis. Hal ini menjadi penting karena konsep efisiensi dalam DEA adalah efisiensi relatif. Setiap perubahan penentuan input output akan memiliki nilai/skor berbeda dalam hasil efisiensinya.

1 komentar:

  1. Selam yonetici admin siteniz cok guzel basarilarinizin devamini bekleriz

    BalasHapus