.: SELAMAT DATANG DI BLOG EKONOMI ISLAM SUBSTANTIF -- Blog dengan konten riset ekonomi dan keuangan syariah terdepan. :.

Jumat, 03 Juni 2016

Studi tentang 100 Riset Wakaf



Awal 2016, SMART melakukan penelitian terkait literatur wakaf. Penelitian ini menggunakan analisis statistika deskriptif berdasarkan 100 publikasi jurnal terkait wakaf, baik nasional maupun internasional. Seluruh sampel publikasi jurnal telah terpublikasi 5 tahun terakhir mulai tahun 2011 hingga 2015. Studi hanya memfokuskan secara spesifik terhadap tulisan jurnal bertema wakaf.

Selanjutnya, setelah dilakukan review dan analisis, penelitian terkait wakaf ini dibagi ke dalam 4 (empat) kategori utama yaitu: 1).Manajemen wakaf, 2).Distribusi dana wakaf, 3).Institusional wakaf dan 4).Pengumpulan (koleksi) dana wakaf. Termasuk ke dalam term institusional adalah kelembagaan, payung hukum dan regulasi tentang ke-wakafan. Pengklasifikasian ini dibuat berdasarkan penelaahan isi, abstraksi dan keseluruhan penelitian secara umum. Meskipun tidak menutup kemungkinan terjadinya irisan-irisan kategori dan klasifikasi.

Tabel di atas memperlihatkan subjek pembahasan masing-masing jurnal terkait wakaf berdasarkan publikasi jurnal wakaf selama tahun 2011 hingga 2015. Adapun dalam observasi ini berdasarkan empat subjek yaitu terkait manajemen wakaf, distribusi wakaf, institusi wakaf, dan pengumpulan wakaf. Dari publikasi jurnal 2011- 2015 terpilih dalam pengamatan, subjek pembahasan terkait jurnal wakaf terbanyak yaitu mengenai manajemen wakaf sebanyak 34% dari 100 sampel jurnal, kemudian diikuti oleh subjek pembahasan mengenai institusi wakaf sebanyak 26%, pengumpulan wakaf 22% dan terakhir terkait distribusi wakaf sebanyak 18%.

Selain itu, isu- isu tentang wakaf lebih banyak dikaji atau dibahas dengan menggunakan metode deskriptif dan kualitatif. Subjek pembahasan yang terbanyak didiskusikan mengenai manajemen wakaf. Sebab, manajemen wakaf diduga memiliki peran yang krusial untuk meningkatkan efektivitas dana wakaf. Di samping itu pembahasan wakaf masih didominasi oleh wakaf non tunai.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar