.: SELAMAT DATANG DI BLOG EKONOMI ISLAM SUBSTANTIF -- Blog dengan konten riset ekonomi dan keuangan syariah terdepan. :.

Rabu, 12 Februari 2014

TRAINING PENGUKURAN TINGKAT EFISIENSI PERBANKAN DENGAN METODE DEA, 19-20 FEBRUARI


PENDAHULUAN
Data Envelopment Analysis pertama kali diperkenalkan oleh Charnes, Cooper dan Rhodes pada tahun 1978 dan 1979. Semenjak itu pendekatan dengan menggunakan DEA ini banyak digunakan di dalam riset-riset operasional dan ilmu manajemen. Pendekatan DEA ini lebih menekankan kepada pendekatan yang berorientasi kepada tugas dan lebih difokuskan kepada tugas yang penting, yaitu mengevaluasi kinerja dari unit pembuat keputusan/UPK (decision making units). Semenjak tahun 1980an, pendekatan ini banyak digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dari industri perbankan secara nasional.
DEA merupakan suatu teknik program linier yang digunakan untuk mengevaluasi bagaimana suatu proses pengambilan keputusan dalam suatu unit beroperasi secara relatif dengan unit lain dalam sampel. Selanjutnya proses tersebut akan membentuk suatu garis frontier yang terbentuk dari unit-unit yang efisien yang kemudian dibandingkan dengan unit yang tidak efisien untuk menghasilkan nilai efisiensinya masing-masing.

Karena pentingnya metode riset ini, maka SMART CONSULTING akan mengadakan pelatihan selama 2 hari dalam rangka memenuhi kebutuhan para praktisi maupun akademisi yang hendak menggunakan metode DEA.

MATERI TRAINING DEA:
1.      Konsep Dasar Efisiensi
2.      Jenis Efisiensi
3.      Beberapa Metode Pengukuran Efisiensi
4.      Perbedaan SFA, DFA dan DEA
5.      Metode Parametrik dan Non-Parametrik
6.      Mengukur Aktivitas Perbankan
7.      Kelebihan dan Kekurangan beberapa Metode Pengukuran Efisiensi
8.      DEA Single Input and Single Output
9.      DEA Single Output and Two Inputs
10.  Efisiensi Teknis
11.  Efisiensi Alokatif
12.  Formulasi Matematis untuk DEA
13.  Minimisasi Input
14.  Maksimisasi Output
15.  Fractional DEA Program
16.  Primal-Dual DEA Models
17.  Mengenal Konsep Constant Return to Scale (CRS)
18.  Konsep Variable Return to Scale (VRS)
19.  Increasing Return to Scale (IRS)
20.  Decreasing Return to Scale (DRS)
21.  Input-Oriented Measures
22.  Output-Oriented Measures
23.  Karakteristik DEA
24.  Dua Model DEA
25.  Two Stages DEA (DEA Dua tahap)
26.  Tahapan Riset dengan Menggunakan DEA
27.  Penentuan DMU, Approach, Variabel input-output, Data Collection, CCR/BCC, Sintesis
28.  Materi Praktik dengan Software
29.  Contoh Penelitian dengan DEA
30.  Diskusi dan Konsultasi

PROFIL TRAINER
Aam Slamet Rusydiana, SEI (Konsultan dan peneliti pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, Penulis buku “Mengukur Tingkat Efisiensi dengan Data Envelopment Analysis, Pembicara pada training-training metodologi di beberapa kampus negeri dan swasta, Dosen, Pembicara pada seminar dan konferensi ekonomi Islam, baik nasional maupun tingkat internasional)

Abrista Devi, MEI (Konsultan pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, aktifis Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Penulis buku metodologi penelitian, Dosen pada beberapa kampus swasta)



WAKTU/TEMPAT

Waktu              : Rabu-Kamis, 19-20 Februari 2014
Tempat            : Pascasarjana Univ Ibn Khaldun, BOGOR. Jl Soleh Iskandar No 1



SASARAN PESERTA

Praktisi Perbankan dan Lembaga Keuangan Lain, terutama Divisi Riset Development, dan Pemimpin Cabang; Para penentu kebijakan pada perusahaan, baik lembaga keuangan seperti perbankan maupun korporasi lain, serta kalangan akademisi: Dosen dan Peneliti.



INVESTASI:
Rp 2.500.000 (include tax)


FASILITAS:
Modul Training, Buku “Introduction to Data Envelopment Analysis” by Ramanathan, Ebook “Mengukur Tingkat Efisiensi dengan Data Envelopment Analysis”, Ebook “An Introduction to Efficiency and Productivity Analysis”, 40+ Materi-materi (Paper) penting tentang DEA, Lunch, Sertifikat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar