.: SELAMAT DATANG DI BLOG EKONOMI ISLAM SUBSTANTIF -- Blog dengan konten riset ekonomi dan keuangan syariah terdepan. :.

Selasa, 01 Oktober 2013

IN-HOUSE TRAINING DAN KONSULTASI ANP UNTUK KORPORASI



PENDAHULUAN
ANP (Analytic Network Process) merupakan salah satu metode pengambilan keputusan yang sangat powerfull untuk diterapkan baik dalam ilmu manajamen, ekonomi, pendidikan, teknologi informasi, dan bidang-bidang ilmu lainnya. Metodologi yang dikembangkan oleh Saaty ini memilih pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan perhitungan supermatriks sehingga hasil penelitian akan lebih akurat daripada metodologi sejenis lainnya.

Analytical Network Process merupakan model pengambilan keputusan penemuan Thomas L. Saaty, Profesor dari Wharton School Universitas Pennsylvania. Kegunaan model ini telah dikenal demikian luas bahkan telah digunakan oleh pemerintah AS untuk membantu memprediksi gejala resesi global, rencana eksplorasi minyak di Alaska dan strategi AS dalam keanggotaan AFTA.

Di tingkat mikro ekonomi, ANP telah digunakan oleh banyak perusahaan besar untuk mengambil keputusan penting, seperti: McDonald untuk memutuskan strategi budget, keputusan perusahaan otomotif Ford yang kontroversial untuk membatalkan pembelian ban Firestone dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Saat ini, telah terbentuk organisasi bernama International Symposium on the Analytic Hierarchy Process (ISAHP) yang setiap dua tahun sekali berkumpul untuk mendiskusikan dan mengembangkan model ANP ini.
 
ANP adalah salah satu metodologi yang paling umum dan mudah diaplikasikan untuk studi kualitatif yang beragam, seperti pengambilan keputusan, forecasting, alokasi sumber daya, dan lain sebagainya. Penggunaan metode ini telah terbukti manfaatnya baik bagi banyak perusahaan termasuk Bank Indonesia (BI), Pertamina, Kementerian dan korporasi lain.

Oleh sebab itulah SMART CONSULTING bekerjasama dengan pihak manapun untuk mengadakan pelatihan selama 2 hari terkait dengan tema metodologi ANP untuk memenuhi kebutuhan para akademisi maupun praktisi yang hendak menggunakan metodologi ANP.


SASARAN PESERTA
Para penentu kebijakan pada perusahaan, baik lembaga keuangan seperti perbankan maupun korporasi lain, Kepala Cabang dan bagian riset pengembangan, serta kalangan akademisi: Dosen dan Peneliti.


MATERI TRAINING METODOLOGI ANP:
1.   Konsep Dasar ANP
2.   Beberapa Fitur ANP
3.   Perbedaan ANP dan AHP
4.   Landasan ANP: Resiprokal, Homogenitas, Struktur Hierarki (AHP)
5.   Prinsip Dasar: Dekomposisi, Penilaian Komparasi, Komposisi/Sintesis
6.   Fungsi Utama ANP
7.   Konsistensi dalam ANP
8.   Bentuk-bentuk Jaringan: Holarki, Hierarki, Analisa BCR, Jaringan Umum
9.   Prosedur Mendapatkan Skala Rasio
10. Supermatriks dalam ANP
11. Aplikasi AHP dan ANP
12. Tahapan Penelitian: Konstruksi Model, Kuantifikasi Model, Analisis
13. Menghitung Geometric Mean
14. Rater Agreement
15. Mengenal Super Decision
16. Mengenal Node, Cluster, Connection, etc
17. Menyusun Kuesioner ANP
18. Materi Praktik dengan Software
19. Contoh-contoh Penelitian yang Menggunakan ANP
20. Beberapa Tema Penelitian Aplikatif yang Dapat Dilakukan dengan ANP
21. Diskusi dan Sharing

RISET APLIKATIF YANG FEASIBLE UNTUK PERUSAHAAN
Adapun beberapa riset aplikatif dengan metode ANP yang feasible untuk tingkat korporat antara lain:
-      Training Need Analysis (TNA)
-      Strategic Management Analysis
-      Decision Making Analysis


PROFIL TRAINER
Ascarya, Ir. MBA., M.Sc  (Pakar Metodologi ANP Indonesia, Peneliti Bank Indonesia pada Pusat Pendidikan Studi Kebanksentralan/PPSK, Dosen Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia, Dosen Pasca Universitas Trisakti, Pembicara Konferensi dan Forum Nasional dan Internasional Ekonomi-Keuangan Islam, menyelesaikan Master pada Pittsburg University, USA)

Aam Slamet Rusydiana, SEI (Konsultan dan peneliti pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, Penulis buku “ANP: Pengantar Teori dan Aplikasi”, Pembicara pada training-training metodologi di beberapa kampus negeri dan swasta, Pembicara pada seminar dan konferensi ekonomi Islam, baik nasional maupun tingkat internasional, Kandidat Master Universitas Indonesia)

Abrista Devi, MEI (Konsultan pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, aktifis Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Pakar Metodologi ANP, Penulis buku, Dosen pada beberapa kampus swasta)


PENYELENGGARAAN
Durasi Waktu Training dan Konsultasi Analytic Network Process memerlukan waktu 2 (dua) hari efektif. Biaya dan Peserta Total biaya satu paket adalah Rp. 25.00.000,- (dua puluh lima juta rupiah). Transportasi dari Jakarta ke lokasi (PP), dan akomodasi 2 (dua) trainer-konsultan selama kegiatan menjadi beban penyelenggara. Jumlah maksimum peserta setiap kegiatan maksimal 20 orang. Setiap peserta akan memperoleh copy program belajar Software Super Decisions, hand out, training kits, asesoris, dan sertifikat. Sarana-Prasarana Penyelenggara bertanggung jawab menyediakan sarana-prasarana training seperti komputer untuk setiap peserta, ruang pembelajaran dan sebagainya.

Website: www.konsultan-smart.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar