.: SELAMAT DATANG DI BLOG EKONOMI ISLAM SUBSTANTIF -- Blog dengan konten riset ekonomi dan keuangan syariah terdepan. :.

Kamis, 13 Desember 2012

Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah 2012

Pekanbaru, Riau. Ketua Dewan Juri Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah pertama Bapak Hendri Tanjung, S.Si, MM, M.Ag, M.Phil, Ph.D, Secara Resmi mengumumkan 6 Best Paper pada Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah pertama di Islamic Center, UIN Suska Riau. Dimulai dengan laporan panitia mengenai proses seleksi penjurian. 
Pengumuman mengenai call paper dalam Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah ini telah dilakukan mulai dari bulan Agustus 2012, proses pengumpulan paper melalui softcopy yang dikirim ke email panitia, pada awal pengumuman paper peserta yang masuk masih normal, dan melebihi batas ketika mendekati deadline 1st ISEFRF yaitu pada tanggal 15 Oktober 2012 dan kemudian diperpanjang hingga tanggal 22 Oktober 2012. Hal tersebut berdasarkan Rapat Panitia 1st ISEFRF dimana banyak masukan juga dari para peserta. Jumlah Paper yang masuk sampai dengan tanggal 22 Oktober 2012 mencapai 209 Paper dan kemungkinan akan bertambah banyak jika tidak terjadi trouble pada email tim akademik.


Ada tiga tahapan yang dilakukan pada forum riset ini, yaitu: tahap pertama, proses review terhadap paper yang masuk berdasarkan pedoman penulisan yang telah ditetapkan oleh tim akademik, komposisi tim akademik adalah M. Nur Rianto Al Arif, M.Si (akademisi) dan Riris Agustya, S.EI. Pada tahap pertama ini 209 paper diterima oleh panitia, dari tahap pertama ini lolos 110 paper sedangkan 99 paper ditolak karena menyimpang jauh dari pedoman penulisan yang telah ditetapkan. Tahap kedua, proses kelengkapan administrasi  yang berupa pengiriman softcopy paper yang telah direvisi dan kelengkapan administrasi yang telah disyaratkan sebelumnya. Pada tahap kedua ini telah lolos 70 paper yang melengkapi syarat administrasi. Tahap ketiga, yaitu proses penjurian yang bertujuan memilih dua puluh delapan (28) paper yang terpilih untuk dipresentasikan pada Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah pada rapat Dewan Juri tanggal 7 Nopember 2012 di Kantor Bank Indonesia, serta akan dinilai Enam (6) paper terbaik yang diumumkan pada saat forum riset ekonomi syariah. Dewan juri telah melakukan penilaian dengan metode blind review, dimana komposisi dewan juri terdiri dari akademisi, praktisi, dan regulator, sehingga penilaian yang dihasilkan telah objektif dan tidak memiliki kepentingan apapun dengan paper yang masuk.
Berdasarkan penilaian yang dilakukan terhadap seluruh paper yang masuk untuk dipresentasikan, telah terpilih enam best paper sebagai berikut:
  1. Sdr. Jadi Suriadi, dengan judul paper “Simultaneous Equation, Participatory Among Agents and Wellbeing Function of Income Per Capita, Consumption, Saving, Education Level and Employment Rate in Indonesia An Analysis of Tawhidy String Relation (TSR) Perspective”
  2. Sdr. Achmad Firdaus dengan judul paper “PENGUKURAN KINERJA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA MASLAHAH SCORECARD”
  3. Sdr. Syarifah Hudayah, Rizky Yudaruddin, dan Rian Hilmawan dengan judul paper “Kompetisi Industri Perbankan Di Indonesia; Bukti Oligopoli Kolusif”
  4. Sdr. Aam S. Rusydiana dan Abrista Devi dengan judul paper “APLIKASI METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) UNTUK MENGURAI PROBLEM PENGEMBANGAN BAITUL MAAL WAT-TAMWIIL (BMT) DI INDONESIA”
  5. Muhammad Idris dengan judul paper “TAFSIR SURAH AL-MUDDATSTSIR AYAT 1-7 : Menggagas Konsep Service Excellence Perbankan Syariah Melalui Pendekatan Al-Qur’an”
  6. Sdr. Irham Fachreza Anas dengan judul paper “Menyoal Gadai Emas iB: Kritik dan Perbaikan Produk Gadai Emas Bank Syariah”
Adapun dewan juri terdiri dari Ketua Dewan Juri Hendri Tanjung, S.Si, MM, M.Ag, M.Phil, Ph.D, dan anggota Dewan Juri Prof. Dr Muhammad Zilal Hamzah (unsur akademisi), Prof. Dr. Mawardi M. Shaleh (unsur akademis), Rifki Ismal, Ph.D (unsur regulator), dan Dr. Acep R. Jayaprawira (unsur praktisi). (Source: iaei-pusat.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar