.: SELAMAT DATANG DI BLOG EKONOMI ISLAM SUBSTANTIF -- Blog dengan konten riset ekonomi dan keuangan syariah terdepan. :.

Minggu, 26 Juni 2011

Call for Papers FRPS 2011

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Bank Indonesia (BI) dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) kembali bertemu untuk menyepakati penyelenggaraan Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) pada tahun 2011. Telah disepakati pada tahun ini bahwa forum bertemunya para cendekia dari akademisi dan praktisi perbankan syariah di Indonesia ini akan diselenggarakan 2 kali. Salah satu kota yang telah ditetapkan sebagai tuan rumah adalah Medan, Sumatera Utara. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, FRPS adalah forum ilmiah bagi para akademisi, praktisi dan regulator untuk saling menguatkan peran masing-masing pihak melalui peningkatan kualitas hasil penelitian yang berguna bagi pengembangan perbankan syariah.

Untuk itu, kepada civitas akademika, praktisi, dan masyarakat umum mari menyiapkan hasil penelitiannya untuk diikutsertakan dalam Call for Paper. Paper terbaik akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya di Simposium Nasional. Ketentuan penulisan, persyaratan peserta dan kriteria penilaian dapat dilihat pada bagian berikut di bawah ini. Oleh karena itu, pastikan rekan-rekan menjadi orang yang berkontribusi bagi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.


IAIN SU

TEMA
“Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Industri Perbankan Syariah Nasional Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”

Sub-Tema untuk Call for Paper FRPS III 2011:

Inovasi produk perbankan syariah dalam rangka meningkatkan size dan daya saing serta memenuhi kebutuhan masyarakat luas, seperti isu:
  1. Produk pembiayaan yang menyasar sektor ekonomi diluar perdagangan dan jasa;
  2. Strategi berdirinya bank syariah khusus untuk sektor ekonomi tertentu;
  3. Meningkatkan penempatan dana pemerintah atau perusahaan-perusahaan BUMN di bank syariah; dan lain-lain

Strategi pemenuhan kebutuhan SDM industri perbankan syariah secara jangka pendek dan jangka panjang, seperti isu :

  1. Daya saing SDM perbankan syariah nasional serta pasar keuangan syariah menjelang era MEA;
  2. Merespon kecenderungan turn over SDM diantara bank syariah nasional;
  3. Kesenjangan tingkat remunerasi perbankan syariah dan perbankan konvensional; dan lain-lain

Strategi pengaturan segmentasi pasar antara BPRS (lembaga keuangan mikro syariah) dan BUS/UUS dalam rangka merespon meningkatnya perhatian Perbankan Syariah di pasar pembiayaan mikro-kecil, seperti isu :

  1. Strategi usaha dalam pembiayaan masing-masing untuk BPRS (LKMS) dan BUS/UUS;
  2. Mekanisme dan bentuk-bentuk linkage BUS/UUS dengan BPRS atau dengan lembaga keuangan mikro syariah lainnya seperti BMT; dan lain-lain.

Pengaturan dan (Shariah) Governance dalam rangka menjaga kepatuhan industri keuangan/perbankan syariah terhadap nilai-nilai GCG dan prinsip syariah serta menjaga kontribusi yang optimal bank syariah terhadap perekonomian nasional, seperti isu :

  1. Tata kelola SDM DPS, DSN dan lembaga terkait dalam menjaga good governance dalam industri perbankan syariah;
  2. Regulasi operasional atau kelembagaan bank syariah yang mengedepankan kepentingan perekonomian nasional dalam rangka liberalisasi perbankan era MEA; dan lain-lain

  1. Peserta dapat mendaftarkan secara individu atau berkelompok/grup. Bersedia memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan panitia. Bagi peserta yang berkelompok maka personel maksimal terdiri dari 3 orang.
  2. Kategori Peneliti:
    1. Peneliti Pemula (Mahasiswa S1, Sarjana [S1], Mahasiswa S2 atau setingkat).
    2. Peneliti Madya/Utama (Magister [S2], Mahasiswa Doktoral PhD/Dr. [S3] atau setingkat).
  3. Kriteria Paper yang diterima adalah :
    1. Paper harus berisi solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah perbankan syariah Indonesia terkini. Sehingga paper juga harus mampu dengan baik mengidentifikasi masalah yang krusial dalam industri perbankan syariah nasional.
    2. Menggunakan bahasa akademik atau paper ilmiah, bukan gaya bahasa populer seperti buku populer atau artikel koran.
    3. Pada bab analisis dan implikasi kebijakan sepatutnya lebih banyak pembahasannya dibandingkan bab pendukung seperti literature review dan metode riset.
    4. Gaya penulisan termasuk judul juga menunjukkan bahwa paper menawarkan solusi dan bukan hanya berupa penerapan dari suatu teori seperti aplikasi model matematika atau statistika atau ekonometrika pada pembiayaan, giro, tabungan dan deposito, tanpa jelas solusi apa yang ditawarkan dari penerapan model-model tersebut.
  4. Paper yang disampaikan kepada panitia akan dipilih 6 paper terbaik, dengan rincian 2 paper terbaik dari masing-masing kategori peneliti (peneliti pemula dan peneliti madya/utama) untuk masing-masing topik. Paper yang terpilih wajib dipresentasikan oleh penulis pada Simposium FRPS III 2011 yang direncanakan pada tanggal 29 – 30 September 2011. Jika penulis tidak bisa hadir dengan alasan apapun, maka dinyatakan gugur.
  5. Kepada penulis diberikan kompensasi masing-masing sebesar:
    1. a. Rp.   8.000.000,00 (termasuk pajak) untuk Peneliti Pemula.
    2. b. Rp. 12.000.000,00 (termasuk pajak) untuk Peneliti Madya.
  6. Kompensasi sebagaimana tersebut dalam butir 5, akan ditransfer ke rekening Bank Syariah yang dimiliki penulis, setelah rangkaian acara FRPS 2011 selesai terlaksana.
  7. DPbS-BI akan menanggung biaya akomodasi dan transportasi untuk penulis yang berasal dari luar kota (penerbangan domestic/internasional kelas ekonomi) dengan pagu atas yang telah ditetapkan panitia di kemudian hari. Ketentuan tambahan untuk peserta berkelompok/grup, yaitu hanya 2 orang yang disediakan biaya akomodasi dan transportasi.
  8. Paper adalah karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan.
  9. Paper terbaik dan sejumlah paper terpilih lainnya akan dimuat dalam “Islamic Finance Journal” yang akan diterbitkan oleh IAEI dan MES.
  10. Hasil keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  11. Paper yang terpilih akan menjadi hak Bank Indonesia untuk keperluan apapun dalam bentuk apapun.


Ketentuan Pengiriman

1.
Paper dalam bentuk softcopy (Microsoft Office / Open Office) dan CV penulis dikirimkan kepada panitia paling lambat tanggal 13 Agustus 2011 pukul 24.00 WIB ke email : panitia.frps@ekonomisyariah.org. Jika lewat dari batas waktu yang telah ditentukan maka dianggap gugur.
2.
Apabila tulisan telah memenuhi kelengkapan administratif, maka paper dalam bentuk hardcopy dikirimkan kepada panitia sebanyak 3 (tiga) eksemplar, Jilid Spiral, dimasukkan bersama ke dalam amplop coklat paling lambat diterima tanggal 30 Agustus 2011 ke:
Panitia  Forum  Riset  Perbankan  Syariah
Kantor  Pusat  Masyarakat  Ekonomi  Syariah
Jln.  Setiabudi  Tengah  No.  29,  Setiabudi  Kuningan
Jakarta  12910
UP  : Joko Wahyuhono

NOTE :
  1. Cantumkan  pada  pojok  kiri  atas  amplop  nama  kategori  peneliti  yang  ingin  diikuti  (PENELITI  PEMULA  atau  PENELITI  MADYA/UTAMA).
  2. Lampirkan surat pernyataan sebagaimana terlampir yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-

4 komentar:

  1. Izin share, syukron katsir...

    BalasHapus
  2. Silakan. Baca2 juga artikel/paper lainnya ya. Dan mari berdiskusi disini.

    BalasHapus
  3. assalamualaikum pak aam, ada paper yg tentang pengaruh pembangunan perumahan terhadap berkurangnya lahan produktif gak ? atau hal yg terkait?

    BalasHapus
  4. Wa'alaikum salam. Untuk paper dgn tema yang persis seperti yang Anda minta sepertinya tidak ada. Tp untuk yang terkait, barangkali tersedia. Nanti sy coba carikan.

    BalasHapus